Jumat, 02 November 2018

Pengertian Sumur Bor Artesis Adalah

Sumur Bor artesis adalah sebuah akuifer artesis terbatas berisi air tanah yang mengalir ke arah atas melewati sumur yang disebut sumur artesis tanpa harus dipompa. Air mampu mencapai permukaan tanah jika tekanan cukup kuat, pada hal ini sumur disebut sumur artesis mengalir.

Sebuah akuifer merupakan satu tingkatan batu halus, seperti batu pasir atau batu kapur yang menyerap air dari satu aliran air. Batu berpori-pori berada di antara tanah liat atau batu kedap air. Hal itu menimbulkan tekanan tinggi, sehingga saat air menemukan lubang keluar, air itu melawan gravitasi dan mengalir ke atas. Pada pengisian akuifer terjadi saat permukaan air di kawasan pengisiannya berada di ketinggian yang lebih tinggi dari kepala sumur.


Pengertian Sumur Bor Artesis Adalah


Akuifer air fosil pun dapat dianggap artesis jika melewati tekanan yang cukup dari batu-batu sekelilingnya. Hal tersebut tak berbeda dengan sejatinya sumur minyak yang memiliki tekanan. Sumur artesis mempunyai nama yang asalnya dari bekas provinsi Artois di negara Perancis, kawasan banyak sumur artesis di tahun 1126.

Sistem artesis dalam budaya masyarakat

Selama beberapa waktu, Olympia Beer (Tumwater, Washington) sudah memproduksi bir dengan air yang didapat dari sumur artesis. Promosi perusahaan meyebutkan terdapat banyak air artesis digunakan pada proses pembuatan bir. Namun, iklan tersebut tidak pernah menerangkan apa itu air artesis, dan di klaim bahwa air ini dijaga oleh masyarakat "Artesian" yang dianggap menjadi mitos. Sesudah pabrik pembuatan bir itu diambil alih perusahaan yang besar, pemakaian air artesis berhenti, dan begitu pula kampanye promosi.

Di pusat kota Olympia, beragam usaha dilakukan untuk mengurangi pemakaian air artesis pada satu-satunya sumur umum dan sudah jadi tujuan dari H2Olympia: Artesian Well Advocates.

Dewasa ini d negeri kita pun tak luput dari banyaknya pengguna sumur bor artesis, khususnya d kota Bandung. Bagi masyarakat Bandung tentu memiliki pasokan air bersih sangatlah penting bagi kehidupan. Maka dari itu, mereka pasti membutuhkan jasa pengeboran sumur Bandung, mau itu pada kawasan perkotaan juga kawasan gunung atau dataran tinggi.