Jumat, 02 November 2018

Baja Ringan Adalah

Pengertian Baja Ringan Adalah

Baja ringan adalah baja yang memiliki kualitas tinggi yang sifatnya ringan dan tipis, namun kekuatannya tak kalah dari baja pada umumnya. Terdapat beberapa macam baja ringan yang digolongkan berdasar nilai tegangan tarik (tensile strength). Tegangan tarik tersebut biasanya berdasar di fungsi akhir dari baja ringan itu.


Walau lebih ringan dan tipis dari pada baja konvensional, dengan kuat tarik 550 Mpa, baja ringan bisa diandalkan untuk menopang struktur bangunan. Pada fungsi non structural contoh penutup atap dipakai baja ringan kualitas G300.

Berapa Ukuran Baja Ringan Untuk Rangka

Dipasaran umum ketebalan berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Variasi ketebalan tersebut ditentukan oleh fungsi, berapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja tersebut. Ketebalan yang kecil dibanding dengan baja konvensional memiliki tujuan mengurangi beban pada struktur bangunan.

Kuda-kuda baja ringan memiliki ketebalan antara 0,45 hingga 1,00 mm. Tidak sama dengan kolom yang akan menyokong beban yang besar, ketebalan kisaran antara 1,00 hingga 2,00 mm (profil C). Sementara pada genteng metal ketebalan 0,20 mm, sebab dapat dikatakan tak memikul beban, dengan ketebalan itu telah cukup.



Baja tersusun dari besi dan karbon (Fe dan C). Jika unsur itu bercampur dengan udara dan air akan menimbulkan reaksi yang mendorong terjadi karat. Maka baja ringan harus dibaluti anti karat. Pengaplikasian lapisan anti karat adalah wajib untuk menjaga agar material tahan lama.
 
Agar dapat melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, wajib diberikan lapisan pelindung (coating) dengan memadai. Beragam metode untuk memberikan lapisan pelindung agar mencegah korosi baja mutu tinggi sudah dikembangkan.

Berapa Harga Baja Ringan

Harga baja ringan tentu saja akan lebih hemat jika kita menggunakan material kayu untuk rangka sebuah konstruksi. Jadi rangka baja ringan ini bisa diandalkan, selain memiliki banyak keunggulan, juga harganya yang tidak terlalu mahal. Lalu berapa harga baja ringan Bandung? Itu pun dapat bervariasi, tergantung pada penjual atau penyedia produk tersebut. Namun harga tidak akan signifikan berbeda. Maka dari itu baja ringan bisa jadi andalan pada masa sekarang ini.